Selamat Hari Kartini

Seperti sebelum-sebelumnya setiap tanggal 21 April ini kita sebagai warga negara Indonesia tercinta selalu memperingati hari lahir R.A Kartini. Sesosok wanita yang banyak menjadi panutan hingga jaman modern seperti sekarang ini. Bertepatan dengan hari Kartini sekaligus dengan jadwal saya posting, makanya saya tulis saja peringatan Selamat Hari Kartini ini. Setidaknya sedikit ikut memberikan apresiasi atas usaha beliau atas emansipasi wanita masa kini. Pada hari ini tentu banyak yang dilakukan untuk memeriahkan hari Kartini ini. Seperti yang sudah banyak kita lihat di TV hari ini, banyak kalangan yang ikut memeriahkan Selamat Hari Kartini kali ini.

Seperti biasa, perayaan paling dan selalu dilakukan hampir setiap tahun entah dimulai sejak kapan, yaitu merayakan dengan mengenakan pakaian daerah. Khususnya hal ini untuk kalangan anak sekolahan. Seperti pengalaman saya dulu, sejak TK hingga SMA setiap tahun pada perayaan Selamat Hari Kartini selalu mengenakan pakaian daerah.

Namun saat ini, ternyata tidak hanya kalangan anak sekolah yang merayakan dengan mengenakan pakaian daerah. Tapi juga pegawai kantoran maupun kalangan lainnya juga banyak yang ikut merayakan dengan mengenakan pakaian daerah. Sekaligus bisa menjadi promosi wisata dan kesadaran kita akan cinta terhadap kebudayaan bangsa kita.

Untuk perjuangan beliau mengenai emansipasi wanita, ya semua kembali ke masing-masing bagaimana menyerap makna dari emansipasi tersebut. Yang penting selalu ingat pesan dari karya tulis R.A Kartini yang paling terkenal yaitu “Habis Gelap Terbitlah Terang” kalo ini benar-benar bisa memberikan motivasi kepada kita untuk terus berjuang dan pantang menyerah karena pasti akan ada hasil yang bisa kita capai akhirnya.

“Jika saja masih anak-anak ketika kata ‘emansipasi’ belum ada bunyinya, belum berarti lagi bagi pendengaran saya, karangan dan kitab-kitab tentang kebangunan kaum putri masih jauh dari angan-angan saja, tetapi di kala itu telah hidup di dalam hati sanubari saya satu keinginan yang kian lama kian kuat, ialah keinginan akan bebas, merdeka, berdiri sendiri.”
(Surat Kartini kepada Estelle ‘Stella’ Zeehandelaar, 25 Mei 1899)

SELAMAT HARI KARTINI
BANGGALAH MENJADI BAGIAN DARI PEREMPUAN INDONESIA
@yo Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 @yo ßaca. Design By: Midun Gokil.
Powered by: Facebook and Kaskus.