Apa Itu LINUX ?

Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal komputer yang dibagi menjadimenjadi dua bagian penting. yang pertama adalah Hardware yang bersifatperangkat keras atau dapat diistilahkan mesin atau barang fisik darisebuah komputer dan yang kedua adalah Software yang merupakan programatau perangkat lunak yang dipasangkan ke dalam mesin komputer agarmesin komputer tersebut dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Untuk perangkat lunak, kita mengenal adanya Sistem Operasi. Yaitusebuah program yang harus di pasang terlebih dahulu sebelum kitamenggunakan program yang lain seperti pengolah kata, pengolah gambardan lain sebagainya. Sistem Operasi ini ibarat sebuah mesin padamobil. Tanpa mesin ini, mobil sebagus dan secanggih apapun tidak akandapat bekerja sesuai harapan.

Saat ini kita cenderung hanya mengenal dan menggunakan satu Sistem Operasiyaitu Windows (Windows 9x, Me, NT, 2000, dan 2003). Tetapi, sebenarnyasudah banyak Sistem Operasi yang lain seperti Mac OS. Yaitu yang biasadigunakan untuk para desainer (komputer) grafis. Unix, yang biasadigunakan untuk pengolahan komputasi tingkat tinggi.

Linux (atau tepatnya GNU/Linux) merupakan sebuah Sistem Operasi yangjuga menawarkan segudang kelebihan. Linux sebagai inti dari SistemOperasi (kernel) dan aplikasi GNU sebagai pelengkap. GNU/Linux dikenalsebagai paket sistem operasi dan aplikasi yang awalnya dibuat agardapat menandingi Unix sehingga para mahasiswa dan hacker dapat belajarmenggunakannya.

GNU/Linux mulai ramai digunakan sejak kelahirannya pada tahun1991. GNU/Linux yang dulunya menjadi bahan riset mahasiswa dan hacker,sekarang telah disupport oleh banyak perusahaan besar seperti Oracledan IBM. GNU/Linux pun menyesuaikan diri agar semakin cantik dan mudahdigunakan sehingga para pengguna awam tidak perlu ditakutkan denganmitos Unix yang relatif sulit digunakan untuk kalangan penggunakomputer biasa.

GNU/Linux bersifat bebas!
Berbeda dengan Windows, Mac OS, dan Unix yang kesemuanya bersifatkomersil atau lebih tepatnya bersifat proprietary. GNU/Linux bersifatpublik. Yaitu setiap orang orang dapat menggunakan GNU/Linux tanpadibebani biaya lisensi. GNU/Linux dikembangkan oleh jutaan programerdan hacker seluruh dunia, bandingkan dengan jumlah programmerWindows. GNU/Linux juga dapat digunakan pada komputer manapun (dariprosesor berbasis x86 sampai RISC) dan digunakan untuk tujuan apapunyang sekali lagi tanpa dibebani biaya lisensi.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk memiliki, menggunakan, bahkan untukmemodifikasi hampir dikatakan tidak ada. GNU/Linux tersebar di seluruhdunia dan siapaun dapat men-download dan kemudian langsungmenggunakannya. Atau jika anda tidak mempunyai koneksi internet yangbaik, anda dapa membeli dengan hanya mengganti ongkos CD.

UU HAKI dan GNU/Linux
GNU/Linux dilindungi dengan lisensi yang bersifat umum yaitu GPL(General Public License). Dimana lisensi ini menjaga sedemikian rupaagar GNU/Linux tetap menjadi milik umum dan tidak dapat menjadi milikperorangan ataupun perusahaan. Dengan menggunakan GNU/Linux berartianda juga mematuhi UU HAKI untuk tidak menggunakan produk bajakankarena GNU/Linux dengan bebas dapat dikopi dan didistribusikan kemanasaja dan oleh siapa saja.

Paket Distribusi
GNU/Linux dipaketkan menjadi sebuah Sistem Operasi yang lengkap dandisertai dengan aplikasi sehari-hari seperti pengolah kata, pengolahangka, pengolah gambar, internet, games, dan bahkan aplikasi serverseperti email, layanan web, ftp, dan lain sebagainya. Paket distribusiyang umum digunakan biasanya Mandrake (www.mandrake.org), SuSE(www.suse.com), Redhat (www.redhat.com), Debian (www.debian.org), danSlackware (www.slackware.org) yang masing-masing menawarkan paketprogram yang mirip tetapi mempunyai rasa yang berbeda.

Ada pula paket distribusi yang cukup unik yaitu Knoppix. Sebuah paketdistribusi GNU/Linux turunan dari Debian yang dapat digunakan langsungtanpa menganggu (tanpa meng-install) pada komputer anda. Cukupmasukkan CD Knoppix, ikuti beberapa langkah sederhana, dan selanjutnyaanda dapat menikmati GNU/Linux tanpa takut data di Harddisk andadikutak-atik. Rekan-rekan tanah air terutama di ICT Watch dan TimPandu juga membuat turunan Knoppix yang dibuat khusus untuk penggunadi Indonesia yaitu Linux Sehat (linux.ictwatch.com).

GNU/Linux untuk semua.
GNU/Linux pada masa sekarang sudah merambah ke dalam duniakomputerisasi tingkat dasar. Anda dapat mulai menggantikan Windows danMS Office yang tentu saja mahal karena harus membayar biaya lisensi(kurang lebih 80 USD untuk Windows 98 dan USD 450 untuk MS Office 2000Pro untuk satu komputer) dengan GNU/Linux yang jika anda mempunyaiakses internet cukup baik anda dapat mendownloadnya secara gratis!.Bukan itu saja, paket distribusi GNU/Linux biasanya sudah disertakanprogram untuk membuat Email server, Web Server, FTP Server,File-sharing Server. Secara sederhana, anda dapat membuat kantor jenisSME (Small Medium Enterprise) hanya dengan mendownload sebuahGNU/Linux untuk seluruh komputer dikantor tanpa biaya lisensi aliasgratis!
@yo Baca Juga
 
Copyright © 2010 @yo ßaca. Design By: Midun Gokil.
Powered by: Facebook and Kaskus.