Teka-Teki Logika Sederhana (Part 3)

Pertanyaan #1
Dapatkah pecahan yang pembilangnya lebih kecil dari penyebutnya bernilai lebih besar dari pecahan yang pembilangnya lebih besar dari penyebutnya?
Jawaban:
Dapat.
Penjelasan:
Contoh: (-1)/3 > 2/(-3)

Pertanyaan #2
Tanpa menggunakan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, susunlah 6 angka 9 sehingga mempunyai nilai 100.
Jawaban:

Pertanyaan #3
Sebuah pesawat terbang dari Jakarta ke Medan dalam waktu 1 jam 20 menit, tetapi pesawat tersebut dapat terbang dari Medan ke Jakarta dalam waktu 80 menit. Mengapa bisa begitu? Asumsi: tidak ada angin sepanjang perjalanan.
Jawaban:
Memang seharusnya demikian…
Penjelasan:
1 jam 20 menit = 80 menit.

Pertanyaan #4
Adalah dua kakak beradik yang jumlah umurnya 11 tahun. Yang satu 10 tahun lebih tua dari yang lain. Berapakah umur mereka masing-masing?
Jawaban:
Sang kakak berumur 10 tahun 6 bulan, dan sang adik berumur 6 bulan.

Pertanyaan #5
Dua kakak beradik suatu hari ditanya siapakah dari mereka yang lebih tua. “Akulah yang lebih tua,” kata yang laki-laki. “Aku yang lebih muda,” kata yang perempuan. Akhirnya diketahui bahwa sekurangnya salah satu dari keduanya sudah berbohong. Siapakah yang lebih tua?
Jawaban:
Yang perempuan yang lebih tua.
Penjelasan:
Pernyataan keduanya tidak saling kontradiksi. Artinya, entah keduanya benar atau keduanya salah. Karena diketahui setidaknya satu dari keduanya telah berbohong, maka itu berarti keduanya salah. Karena itu, yang lebih tua adalah yang perempuan yang berkata “aku yang lebih muda.”

Baca Juga :
Teka-Teki Logika Sederhana (Part 1)
Teka-Teki Logika Sederhana (Part 2)
Teka-Teki Logika Sederhana (Part 4)
@yo Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 @yo ßaca. Design By: Midun Gokil.
Powered by: Facebook and Kaskus.