Memperingati Hari Air Sedunia

Berhubung hari ini tanggal 22 maret yaitu hari air sedunia, kali ini saya mau membahas Fakta, Mitos dan Manfaat Air, langsung saja!

FAKTA AIR
1.Air sangat penting buat manusia,karena orang bisa selama sebulan tanpa makan tapi cuma mampu hidup seminggu tanpa air.

2.Menurut saran PBB,setiap orang membutuhkan minimal 50 liter air per hari.

3.Proses Pernafasan membutuhkan 1,7 Liter air setiap Harinya.

4.Dalam waktu 100 tahun, sebuah molekul air menghabiskan 98 tahun di laut, 20 bulan seperti es, sekitar 2 minggu di danau dan sungai, dan kurang dari seminggu di atmosfer.

5.Air adalah satu-satunya substansi yang ditemukan secara alami di bumi dalam 3 bentuk: cair, gas, padat.

6.Jumlah total air dalam tubuh orang dewasa rata-rata adalah 37 liter.
1. Otak manusia adalah air 75%.
2. Tulang manusia adalah 25% air.
3. Darah manusia adalah air 83%.

7.75% dari ayam adalah air. 80% dari nanas adalah air. 95% dari tomat adalah air. 70% dari gajah adalah air.

8.2/3 dari air yang digunakan di rumah digunakan di kamar mandi.

9.Setiap hari, matahari menguapkan 1 triliun ton air. 1 pohon akan mengeluarkan 265 liter (70 galon) air per hari dalam penguapan. Satu acre jagung akan mengeluarkan 15.000 liter (4.000 galon) air per hari dalam penguapan.

10.Jumlah total air di bumi memiliki volume sekitar 344 juta kilometer kubik. 315 juta kilometer kubik air laut.
1. 9 juta mil kubik air tanah dalam akuifer.
2. Posisi 7 juta mil kubik beku dalam es di kutub.
3. 53.000 kilometer kubik air melewati danau planet dan sungai.
4. 4.000 kilometer kubik air kelembaban atmosfer.
5. 3.400 kilometer kubik air terkunci di dalam tubuh makhluk hidup.

11.Minum terlalu banyak air dapat menyebabkan keracunan air. Keracunan air terjadi ketika air mencairkan tingkat natrium dalam aliran darah dan menyebabkan ketidakseimbangan air di otak. Keracunan Air kemungkinan besar terjadi selama periode kinerja atletik intens.

12.Katakan seseorang perlu hanya sekitar empat liter air minum per hari, lebih dari dua ribu liter air diperlukan untuk mencukupi kebutuhan tiap orang. 85 galon air dibutuhkan untuk memproduksi satu pon telur, 150 galon untuk memproduksi sepotong roti, dan 1000 galon untuk memproduksi satu pon kentang. Tapi lebih dari setengah air yang digunakan untuk irigasi hilang karena penguapan. Yang cukup mengejutkan, sebotol air lebih menghabiskan biaya ketimbang susu, minyak atau bahkan gas.

13.Jumlah total air yang ada di Bumi saat ini relatif sama dengan saat Bumi ini tercipta.Yang berubah ada bentuk dari air tersebut dalam siklus air yang berlangsung terus menerus. Jadi air yang dipakai mandi oleh Pangeran Diponegoro bisa jadi sama dengan air yang sedang anda pakai untuk minum.

14.Meskipun air meliputi 70% dari permukaan bumi, kebanyakan darinya terlalu asin untuk diminum. Tiga per empat dari air tawar yang tersedia diperoleh dari gunung es kutub, dan dalam bentuk glasier (sungai es). Sisa air tawar tersedia dalam bentuk air tanah, sungai, danau dan arus ada lebih dari dua ratus lima puluh sungai di dunia.

15..Kualitas air di berbagai tempat di dunia telah menurun,khususnya daerah perkotaan. Di India, lebih dari empat juta hektar tanah pertanian telah hilang karena penyedotan air (water loging), atau peningkatan kadar garam. Banyak penyakit muncul dari air, dan penyakit disebabkan oleh kurangnya air bersih untuk mandi, menimpa jutaan orang tiap tahun. Mungkin fakta yang paling mengerikan adalah pada 20 tahun nanti, mungkin tidak akan tersedia air tawar yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar setengah populasi dunia saat itu. Ini adalah alasan kenapa lebih dari 10.000 tanaman desalinasi telah ditanam, terutama di Timur Tengah.

MITOS SEPUTAR AIR

MITOS #1 : KITA PERLU 8 GELAS AIR SETIAP HARI
FAKTANYA : Kalian mungkin butuh delapan gelas air dalam sehari supaya tetap sehat tapi sebenarnya kebutuhan ini tergantung pada ukuran tubuh, beratnya aktivitas yang dijalani dan suhu lingkungan sekitar kalian. Kebutuhan air dalam tubuh kalian sudah tercukupi jika air senimu berwarna kuning pucat dan agan tidak merasa haus (kehausan adalah tanda dehidrasi). Tapi air bukan satu-satunya minuman pencegah dehidrasi: jus dan minuman yang mengandung ion juga bisa.

MITOS #2 : SEMUA AIR DALAM KEMASAN BOTOL SAMA SAJA
FAKTANYA : Air dalam kemasan dibedakan berdasarkan sumbernya. Ada purified water yang berasal dari air keran yang melewati proses penyaringan, spring water atau mata air yang berasal dari aquifer (lapisan batuan penyimpan air) dan artesian water yang diambil dari sumber air jauh di dalam tanah. Terakhir, ada mineral water yang diambil dari bawah tanah tapi kandungan mineralnya lebih tinggi dibandingkan spring water. Rasa boleh beda tapi selama produk air minum terdaftar dalam Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), semuanya aman.

MITOS #3 : AIR DALAM KEMASAN BOTOL TIDAK BAGUS UNTUK GIGI
FAKTANYA : Memang betul kandungan fluoride dalam air kemasan botol termasuk rendah, bahkan hampir tidak ada, kecuali pada air minum yang mengandung mineral. Tapi, bukan berarti jika kamu terbiasa minum air dalam kemasan botol lantas kemungkinan gigimu bakal mudah rapuh, lho ! Jadi, untuk supaya selalu sehat, kamu tetap harus rajin menyikat gigi dengan pasta gigi dengan kandungan fluoride tinggi dan periksakan gigimu ke dokter gigi secara rutin.

MITOS #4 : AIR DENGAN RASA BUAH DAN VITAMIN SAMA SEHATNYA DENGAN AIR PUTIH BIASA
FAKTANYA : Biarpun minum air dengan rasa buah memang lebih baik daripada tidak minum sama sekali, air putih tetap yang paling baik buat tubuh karena bebas kalori (FYI, 600 ml air dengan rasa buah punya lebih banyak kalori dibandingkan sekaleng soda). Tidak suka air putih? Pilih rasa buah yang mengandung kurang dari 10 kalori per botol.


MANFAAT AIR

1. Air baik bagi perkembangan mental.
Delapan puluh persen jaringan otak terbuat dari air. Karena itu, air sangat penting untuk menjaga kandungan air bagi otak Anda. Uji klinis telah membuktikan bahwa dehidrasi mengurang kinerja otak, untuk menyimpan memori jangka pendek dan mengganggu konsentrasi.

2. Air dapat melindungi tubuh dari penyakit kronis.
Arthritis atau gangguan pada otot-otot atau jaringan-jaringan tubuh, kanker, dan penyakit jantung, adalah penyakit serius yang telah menyerang jutaan orang. Tidak perlu khawatir karena air dapat menjauhkan Anda dari penyakit-penyakit tersebut. Air bekerja seperti pelumas pada persendian, pembersih bagi saluran pencernaan, dan pengontrol kadar garam dalam tubuh.

3. Air dapat membantu Anda mengontrol berat badan.
Tidak hanya dapat menekan nafsu makan, air juga baik bagi metabolisme tubuh anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi enam cangkir air secara teratur selama setahun dapat melunturkan 2,4 kilogram lemak.

4. Air baik bagi kesehatan tubuh dan gigi.
Kerusakan gigi berasal dari penumpukan asam yang menggerogoti enamel gigi, tetapi liur dapat menetralkan asam ini. Selama kebutuhan tubuh akan air terpenuhi dengan baik, maka Anda akan memiliki air liur yang cukup untuk menetralkan tingkat keasaman dalam mulut Anda.
@yo Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 @yo ßaca. Design By: Midun Gokil.
Powered by: Facebook and Kaskus.