Teka-Teki Logika Sederhana (Part 2)


Pertanyaan #1
A ingin pergi dengan mobil dari kota P ke kota Q dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Ternyata, setengah perjalanan pertama ditempuh A dengan kecepatan rata-rata 30 km/jam. Berapa kecepatan rata-rata yang harus dicapai A saat dia menempuh setengah perjalanan sisanya sehingga pada akhirnya dia dapat mencapai kecepatan rata-rata keseluruhan 60 km/jam?
Jawaban:
30km/jam
Penjelasan:
Pertanyaan di atas berbelit-belit sehingga kalian menjadi bingung, kecepatan rata-rata keseluruhan 60km/jam namun setengahnya telah ditempuh dengan kecepatan 30km/jam, jadi jawabannya sangat sederhana 60-30 = 30, otomatis kecepatan yang dibutuhkan adalah 30km/jam.

Pertanyaan #2
Pada waktu mencari air, seekor katak terjatuh ke dalam dasar sumur dengan kedalaman 30 meter. Pada waktu siang, katak tersebut berhasil memanjat naik 5 meter, namun pada malam hari katak tersebut merosot turun 4 meter. Begitu terus setiap harinya. Pada hari ke berapa katak tersebut dapat keluar dari dalam sumur tersebut?
Jawaban:
Hari ke-30
Penjelasan:
cukup simple:
* dalam sumur 30meter
* siang naik 5 meter
* malam turun 4 meter
 # sebenarnya jarak yang ditempuh katak selama sehari semalam 5-4 = 1meter, jadi waktu yang dibutuhkan katak untuk keluar adalah 30 x 1 = 30 hari.

Pertanyaan #3
Mana yang lebih berat, 50 kg kapuk atau 50 kg baja?
Jawaban:
Sama berat.
Penjelasan:
Beratnya sama-sama 50 kg.

Pertanyaan #4
Adalah lima jilid ensiklopedia berjejer rapi di rak buku dengan susunan terurut dari jilid 1 sampai jilid 5. Suatu hari, Upik mengambil ensiklopedia jilid 1, dan membuka halaman pertamanya. Tiba-tiba seekor rayap jatuh dari langit-langit ke halaman pertama dari buku itu. Upik langsung menutup ensiklopedia tersebut, meninggalkan rayap tersebut di halaman pertama buku jilid 1, dan menaruh kembali ensiklopedia tersebut di tempat semula. Tanpa sepengetahuan upik, rayap itu mulai menggerogoti ensiklopedianya dan beberapa hari kemudian rayap tersebut sudah ada di halaman terakhir ensiklopedia jilid 5. Jika diasumsikan rayap menempuh perjalanan horizontal dalam menggerogoti buku, dan setiap jilid memiliki tebal 4 cm tanpa sampul, dan tebal sampul depan serta sampul belakang masing-masing 1 cm, berapa jauh perjalanan yang telah ditempuh sang rayap?
Jawaban:
20 cm
Penjelasan:
Cobalah susun lima buku di rak buku secara vertikal dan berurut. Perhatikan letak halaman pertama buku 1 dan halaman terakhir buku 5.

Pertanyaan #5
Andi mempunyai roti sebanyak 5 biji, Budi mempunyai roti sebanyak 7 biji, sedangkan Cici mempunyai uang sebanyak Rp 1200. Roti itu kemudian dibagi 3 sama rata, sedangkan uang tadi dibagi antara Andi dan Budi. Bagaimana pembagian uang yang adil?
Jawaban:
Andi mendapatkan Rp 300 dan Budi mendapatkan Rp 900.
Penjelasan:
Andi memberikan 1 roti pada Cici dan Budi memberikan 3 roti pada Cici.

Baca Juga :

Teka-Teki Logika Sederhana (Part 1)
Teka-Teki Logika Sederhana (Part 3)
Teka-Teki Logika Sederhana (Part 4)
@yo Baca Juga

3 komentar:

Anonim mengatakan...

koreksi ya gan..
bukannya Vrata-rata = (V1+V2)/2 yaa
jd kalau sesuai dengan jawaban agan adalah
Vrata-rata = (30+30)/2 = 30 bukan 60.
jadi kalau sesuai rumus itu maka lebih tepatnya adalah
kecepatan A untuk menempuh setengah sisa perjalanan adalah 90 km/jam

tetapi ane ada pertanyaan gan. Kita berasumsi bahwa jarak yang di tempuh A adalah 60km. Bagaimana A dapat menempuh jarak segitu dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam (menempuh jarak 60km dalam waktu 1 jam) sedangkan A sudah menghabiskan waktu 1 jam untuk menempuh 30 km ??

ini hanya komentar aja sihh... ^_^

@yoßaca mengatakan...

terima kasih banyak atas koreksinya,,,,

Anonim mengatakan...

Yaampun gan yang buku itu tolong dikasih keterangan susunannya dari kiri ke kanan atau sebaliknya yah.. Jawabannya bisa beda soalnya.. Ehehe...

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 @yo ßaca. Design By: Midun Gokil.
Powered by: Facebook and Kaskus.